Selasa, 09 September 2014

Tahun Pertama Bekerja di Cikarang

Dimulai setelah lulus sekolah mayoritas orang baru mencari pekerjaannya.begitu juga dengan saya yang baru mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMK.

Untuk mendapatkan pekerjaan memang gampang-gampang susah. Saya pun mengalaminya. Orang yang pintar tapi fisik kurang juga susah. Tapi janganlah menyerah rezeki sudah ada yang mengatur kita hanya perlu berdo'a dan memperbaiki diri juga terus berusaha.

Alhamdulillah saya lulus sekolah tahun 2013 tapi umur saya masih 16tahun. Mencoba mengikuti tes untuk pabrik teh gelas di jawa timur. Saat itu tes psikotes di lakukan di sekolah saya di jawa tengah. Selang beberapa minggu ada panggilan dari guru BP saya untuk segera ke sekolahan dan sesampainya di sana saya bertemu teman-teman sekelas.dan di sekolahan yang mendapat panggilan dari guru untuk melengkapi persyaratan dan langsung bisa berangkat bekerja ke jawa timur.
Tapi sayang ada syarat mutlak dari perusahaan untuk tidak menerima orang di bawah 17tahun. Saya pun tidak bisa di berangkatkan. Teman saya pun ada juga yang kurang tinggi dan ada yang kegemukan mereka juga senasib denganku.
Akhirnya hanya 2orang yang di berangkatkan ke jawa timur mereka teman sekelas yang pertama kali mendapat pekerjaan.

Selang beberapa hari ada tes lagi dari sebuah perusahaan di tangerang. Seperti biasa di mulai dari psikotes dan menunggu penggumuman untuk yang lolos tes. Dan Alhamdulillah saya pun lolos untuk tes Psikotes. Menunggu antrian untuk di Interview saya pun gugup karena mendapat nomer yang terakhir. Setelah selesai Interview saya senang karena mendapat karcis untuk undian tes Interview kedua.
Tapi sayang perusahaan sudah mendapatkan 4calon karyawan sebelum saya di Interview lagi.

2 dan juga 4 teman sekelas saya pun sudah mendapat pekerjaan. Teman saya yang lain pun mulai bingung mencari pekerjaan.
1teman lagi yang sudah bekerja di warung bakso ternama di tempat saya. Saya pun mulai iri dan ingin bekerja.

Dan kembali di sekolahan saya mengikuti tes perusahaan di perusahaan besar di jakarta. Seperti biasa Psikotes lancar dan lanjut ke Interview dan menunggu pengumuman.
Tiada panggilan untuk saya dan 2teman saya pun berangkat ke Jakarta.

Sebelum bulan puasa saya kesekolahan dan mendaftarkan diri di lowongan untuk perusahan baru yang di Cikarang. Perusahaan itu pun lama tanpa kabar kelanjutan. Pertengahan bulan puasa umur saya sudah 17tahun. Saya pun berniat mencari pekerjaan setelah lebaran. Kabar baik datang dari Guru BP saya 1minggu sebelum lebaran saya di sibukan untuk kesekolahan untuk mengumpulkan berkas lamaran. Beruntungnya saya dan teman-teman yang mendaftar di Perusahaan ini. Perusahaan membutuhkan 25orang Calon Karyawan. Keberuntungan juga terjadi lagi saat pihak perusahaan tidak dapat datang kesekolahan dan Guru BP saya sendirilah yang mengInterview kami. Kami ber25 pun lolos dengan mudah dan 1minggu setelah lebaran kami akan di berangkatkan ke Cikarang dan mulai bekerja. Tapi saya masih kebingungan karena belum mempunyai KTP. 2hari sebelum berangkat saya sibuk membuat KTP dan SKCK.

Alhamdulillah di hari keberangkatan sudah siap persyaratan. Saya pun diantar ke tempat keberangkatan tapi saya kembali cemas karena ketinggalan bus. Dan ternyata busnya hanya berpindah tempat sedang menunggu 2orang terakhir yang termasuk saya.

Kamipun berangkat dari Klaten.dan saya duduk paling depan. Singkat cerita kami sampai Cikarang hampir 17jam karena masih macet habis lebaran.
Sampai di Perusahaan kami hanya di suruh duduk di ruang meeting berAC dan saling memperkenalkan diri dengan  Manager-manager. Tak lama kamipun langsung diantar ke tempat untuk tinggal kami disana. Kamipun berjalan membawa barang-barang masing-masing. Sampai di kos kami pun di persilahkan untuk istirahat.

Hari Pertama berangkat Kerja. Bangun tidur saat itu jam 04.00 WIB. kamipun mandi dan berkumpul di depan kos untuk berangkat bersama-sama. Perjalanan ke perusahaan memakan waktu hampir 1Jam karena berjalan sejauh 2KM.
Minggu-minggu pertama hanya perkenalan dan training materi. Di minggu kedua ada test untuk penempatan posisi. Dan sayapun ditempatkan di bagian QC. Lalu ikut training di QC.dan saya pun di tempatkan di IPQC.hari terakhir di minggu kedua kami mendapat gaji pertama kami yang belum penuh,sekitar RP.600.000,00
Minggu ketiga kami mulai di Shift. dan saya mendapat Shift 3 yang masuknya jam 23.30 WIB.
Karena banyak yang sudah pindah ke kos yang lebih dekat. Saya hanya berangkat berdua jalan kaki 2km yang sudah menjadi terbiasa.
Pertama shift malam pun saya tertidur saat bekerja. Hari-hari melelahkan pun saya lewati dan belajar sedikit demi sedikit.

Setelah sudah 3bulan bekerja. Ada demo besar kenaikan gaji. Saya pun terkena dampak pindah bagian ke bagian ASEMBLING. yaitu bagian yang masih di bawah OPERATOR INJECTION. Alasanya karena member QC terlalu banyak.
Dan 3bulan saya berkembang di Asembling. Pada bulan Januari 2014 saya baru mendapatkan lembur pertama saya. Dan di Asembling lembur semakin bertambah.

6bulan berlalu saya di panggil HRD untuk tanda tangan kontrak kedua saya. Pihak perusahaan memperpanjang kontrak saya selama 6bulan lagi. Saya senang meski iri teman saya banyak yang diperpanjang kontraknya selama 1tahun lagi.
Tapi Di Asembling saya mendapat lembur setiap 2minggu sekali.

Memasuki bulan April rezeki semakin bertambah saat sering di suruh untuk Overtime. Bulan berikutnya pun juga semakin bertambah dari lembur setiap 2minggu sekali menjadi 1minggu sekali..
Namun itu tak lama karena Agustus saya telah habis masa kerja.dan tidak diperpanjang karena perusahaan belum ada pengangkatan karyawan.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon